Ternyata Sudah February … Jilid 2

My oh my, time flies so very fast. So ngapain aja Nyah kok tahu2 dah bulan kedua? Well, yang terutama dulu akhir tahun saya maniis sekali, semua kerjaan kelar di minggu ke-2 Desember 2022. Bahkan Karya Tulis pun juga kelar di awal Desember, padahal saya dulu sempat membayangkan penelitian saya ngga bakal selesai karena sempat writer’s block. But anyway, saya jadi bisa cuti akhir tahun pas anak2 liburan sekolah. Dan sebagai hadiah buat mereka yang sudah rajin kuliah dan sekolah, saya dan suami ambil cuti dan pergilah kami ke Malang hingga awal tahun.

Indahnya cuti tanpa perlu bawa laptop buat kerja. Saya malah bawa my ecoprint pack buat sharing ecoprinting dengan teman2 SMP saya, reuni tipis2. Januari memulai kerja dengan semangat baru, bahagia dan siap lari sprint buat fulfilling my performance. Cuma sibuk sidang Pleno TPI/TPP, mengajar PJJ Business English 1, rapat2 desain pembelajaran, buat materi untuk pengenalan ISD…sisanya just mengalir saja.

Rencana di Kontrak Kinerja saya masih kurleb mirip tahun lalu, bedanya saya ngga buat penelitian lagi, tapi back to book writing dan buat artikel ilmiah. Tell you what, saya masih agak bete dengan ND tentang pemantauan kode etik dan disiplin pegawai yang dishare pimpinan semalam di WAG. It says that ada 8 orang pegawai Pusdiklat kami yang terpantau melakukan presensi kehadiran jauh dari kantor dan sepuluh orang TL dan PSW…di mana seperti menyelewengkan fleksibilitas presensi kehadiran untuk hal yang urgent dan sangat penting.

Kayaknya saya bakalan dapat surat cinta itu, karena sy sering presensi dari rumah dan pulang dari kantor lebih awal. Saya suka gitu karena saya kadang suka lupa presensi pagi, karena saya sudah mulai kerja jam 2 malam, break hanya pas sholat malam, mandi, dan subuhan dan masak sebentar. Kalau sekitar jam 6 saya masih di depan laptop, sy pasti presensi di rumah, dan berangkat seperti biasa jam 6.30 biar sampai jam 7.30. Seharusnya aturan fleksibilitas itu dikecualikan buat mereka yang tugasnya tidak terlalu memerlukan kehadiran di kantor. Tanggal 30 dan 31 Januari sy mengajar dari kantor, karena ada PJJ Business English 1, tapi gilaa macetnya ke kantor sedang parah2nya waktu itu, mana cuaca sedang sering hujan. Saya mengajar dengan tambahan decolgen dan supplemen imboost gara2 selalu kehujanan saat pulang kantor. Tanggal 1 Februari saya WFH ngga jadi WFO karena kejebak macet sejam di Adam Malik Deplu, langsung balik setir pulang ke rumah lagi karena kelas start jam 8.

Yang buat saya sedih itu UE1 saya begitu recehnya ngurusin hal yang ngga terlalu penting buat UE 1 lainnya. Kalau lah performance dan layanan kita jadi menurun gara-gara flekxible working space, bolehlah metani lokasi presensi. Kalaulah mau naik kelas, kejar juga target yang world class level. Ngomongin naik kelas kalau bisa menjadi lembaga pelatihan yang sertifikatnya setara dengan CFA kek atau apa lah kata Pak Khamami, betul tuh Pak. Well,sah2 aja sih ngawasin presensi pegawai asalkan diimbangi dengan peningkatan kualitas, kalo nggak yo ngisin-isini wae.

Piye iki jal, padahal FWS kan implementasi dari Inisiatif Strategis Kemenkeu yang terkait RBTK di tema NWOW (new way of working). Mestinya kita butuh flexible working arrangement yang lebih baik untuk menuju tatanan normal yang baru. Kita kok main gampangnya aja balik wae jaman jadul, kabeh mlebu kantor tanpa kecuali. Jadi pejabat itu harus bisa mikirin pengaturan yang memberikan fleksibilitas buat SEMUA pegawai untuk bisa milih penjadwalan, lokasi bekerja dan tempat bekerja. Saya tuh punya pilihan ABW di kampus dekat rumah atau di kantor di kebayoran, tapi some says kantor ya Pusdiklatmu dewe di Pancoran II. Presensi WFH yo di sana, even bukan di seputarannya. Kalau semua pegawai punya pilihan fleksibilitas, dijamin ngga akan ada yang stres, kinerjanya bakal meningkat seperti yang sudah terbukti tahun lalu. Mana work life balance yang digaung2kan Kementerian selama ini? Kadang suka kelucuan sendiri, mengajar online pakai MS-Teams untuk Balai Diklat, tapi siarannya mesti dari Pancoran sampai sore. Malam lanjut begadang buat persiapan, pagi2 berangkat lagi lanjut rutinitas ngejar Trans Jakarta…😂😂

Karena rasa dongkol ini saya jadi ngga fokus membuat bahan ajar, padahal minggu ini seharusnya saya sudah tapping video KC saya. Saya tadi sih masih tetap ngabsen dari rumah sebelum berangkat kantor seperti biasa, coz this easier for me and makes me happy. Bisa aja cek CCTV kantor buat lihat kapan saya sampai pusdiklat dan pulangnya jam berapa.

Tahun 2023 masih panjang, sekarang masih Februari, tugas baru masih terpampang di depan mata, jangan sampai urusan presensi bikin saya mutung. Lupakan smart working, green economy, hemat subsidi bbm😅 kata Pak Eri… Ojo ngomong green office wis, kalo semua pegawai masuk, AC dan lampu nyala semua, lift kepake terus, belum lagi semua komputer dan PC nyala. Deloken wae ntar biaya listrik bengkak lagi, trus kena semprot baru deh mikir ulang. UE1 saya yang nota bene seharusnya mendidik tapi kebijakannya nggak smart blas dan beraroma cari muka, tapi carmuk nya ngga cerdas. Sak karepmu wis…

Leave a comment