Write Write Write

1.Writing-a-business-letter-best-business-writers-online
Nulis judul di atas buat reminder kalo saya sudah kelamaan tidak ngisi blog ini. Pas saat ini peserta Pelatihan Penyusunan Modul saya sedang sibuk membuat modul dengan laptop masing-masing. Sudah keliling-keling lihat progress peserta, jadi teringat masa-masa awal saya menjadi widyaiswara yang diminta menyusun modul tapi nggak ada contoh yang bisa saya jadikan patokan (coz modul-modul dari LAN zaman itu masih begitulah….)
Buat saya menulis itu menunggu mood dan moment yang tepat, kalau kita sudah punya kebiasaan menulis (especially saya kalo sudang kadung nulis, ngga mau diganggu sama apa pun sampai tulisan kelar. Etapi ini ngomongin nulis modul atau bahan ajar ya…hehehee). Tapi buat yang belum biasa nulis, memang harus mekso diri dikit lah…pakai jadwal kapan mesti nulis dan tepati jadwal itu.
Seperti nulis di blog ini, sebenarnya di otak saya tiap hari ada saja yang muncul untuk saya tuliskan, cuma ya gitu karena jadwal ngajar ngga entek2 ya sudahlah…saya cuma membayangkan saya menuliskan itu in my mind, next time kalo duduk manis saya pasti nulis whatever comes to my mind…seperti sekarang ini.
Kalau mau serius sih, setiap hari ada aja things that’ve been bugging me, tapi ketika udah diobrolin sama teman atau misua lalu udah ngga bothering lagi, saya nggak merasa perlu untuk menulis lagi.
Balik ke menulis modul, buat saya sekarang sudah nggak sesulit jaman dulu karena sudah punya habit menulis, jadi makin ke sini makin effortless. Makanya saya shifting sekarang mau menulis buku, karena seumur2 baru punya dua buku cetak. Buku pertama itu New Tid Bits diterbitkan sama STAN Press tahun 2002 sama buku EFCO saya terbit tahun lalu. Tahun ini mau buat buku untuk anniversary 20 tahun masa kerja saya di Kementerian Keuangan, self publishing saja buat koleksi pribadi.Udah punya stok story seabrek yang saya ketik di laptop upil saya di rumah, tinggaj jahit2 dikit and tarraa…saya yakin 1 or max 2 bulan kelar dipublish.
Oya, tips dari saya untuk mulai nulis untuk dipublikasikan maybe paling enak menulis dari bahan yang kita gunakan untuk mengajar coz saya bisa lancar ceritakan hal yang benar-benar dilakukan sendiri. Saya bisa masukkan my experience dari apa yang saya pelajari yang mungkin orang lain tidak tahu. Dan memang it’ll all pay off one day when people keep coming back to me to learn about my experience. Apalagi orang-orang itu suka diceritai ( tidak sama dengan di-cer-i tai ??? hagh hagh hagh ajoor..).
Oke saya mau mulai njahit buku saya ya sekarang…mumpung lagi in the mood. Keep my hands moving….1.Writing-a-business-letter-best-business-writers-online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s