Personal Appearance

Januari sudah diawali dengan mengajar kelas-kelas Orientasi CPNS untuk seluruh unit eselon 1 Kementerian Keuangan. Minggu kemarin sudah selesai tiga kelas untuk BPPK di Pusdiklat KNPK Bintaro. Minggu ini full 3 kelas lagi untuk Setjen dilaksanakan di Pusdiklat AP di Gadog, Ciawi.  Weekend ditutup dengan satu kelas CPNS BKF di PusdiklatKU di Pancoran. Awal Februari masih ada dua kelas lagi di Pusdiklat Kominfo di Kebun Jeruk. Spesialisasi saya untuk orientasi pegawai baru adalah MP Communication  Skills, wabil khusus ke komunikasi interpersonal.

Business team

Komunikasi interpersonal sangat penting untuk kesuksesan pribadi dan kesuksesan profesional. Di USA, 53% kasus perceraian dikarenakan kurangnya komunikasi yang efektif, sekitar 37% karena faktor ekonomi. Sedangkan di dunia profesional semua tokoh sukses memiliki ketrampilan berkomunikasi yang bagus: Bill Gates, Jack Ma, you name them. So, apa saja yang saya ajarkan ke peserta orientasi  saya? Ya semuanya, mulai konsep dasar komunikasi (pengertian, tujuan, komponen2 ll) hingga praktek komunikasi seperti melakukan percakapan, bertelepon, presentasi singkat, menangani keluhan, dan melakukan rapat singkat. Semua bisa dicover dalam 10 jamlat full, satu hari sajah.

Bagian yang paling disukai peserta itu pas praktek grooming dan personal hygiene. Saya menekankan pentingnya menjaga personal appearance kita di dunia kerja, karena akan membuat pegawai tampak kredibel dan berwibawa. Salah seorang peserta bilang “Kan katanya don’t judge a book by its cover bu”. Well, itu nggak berlaku di dunia kerja lah, karena bagaimana mungkin kita percayakan urusan kita pada seseorang yang bahkan tampilannya sendiri tidak meyakinkan kita bahwa dia itu bersih, smart, rapi, teliti dsb? Penampilan itu juga bagian dari komunikasi nonverbal kita. Maka kita harus menjaga penampilan karena setiap hari kita berkesempatan memberikan kesan pertama yang baik bagi siapa saja yang kita temui.

BAnyak sekali pertanyaan terkait di bagian Personal Appearance. Seperti “wah, pasti mahal kan bu kalau hari rapi dan necis?” Hehee…rapi, bersih, kan tidak harus identik dengan mahal. Kalau standar kita biasanya pakai sepatu Bata, kita tidak harus ubah dengan sepatu Bally. Pakai makeup biasa Revlon atau Sari Ayu, ya nggak usah ganti jadi SK-II atau Sulwhasso kan. Parfum biasa Axe ya ngga usah ngoyo mau ganti Clive Christian kan?

Berikut ini tips personal appearance yang bisa saya share:

  1. Pahami pakaian yang pantas dan tidak pantas di lingkungan kerja kita. Ini terkait dress code atau bisa ketentuan pemakaian seragam, dsb. Berpakaian jangan terlalu ketat, terlalu pendek, terlalu sexy, just properly fit.
  2. Selalu merapikan rambut. Pria merapikan rambut minimal satu kali sebulan.  Untuk wanita berambut panjang bisa mengikat maupun menggelung rambut. Untuk pengguna jilbab, pastikan kainnya licin berseterika dan tidak kusut.
  3. Perhatikan kebersihan kuku. Bagi pria, hindari kebiasaan memelihara kuku pada jari kelingking atau jempol. Ngga banget. Bagi wanita, penggunaan kuteks sebaiknya memilih warna netral untuk berbagai kesempatan, jangan yang terlalu mencolok.
  4. Kenakan pakaian yang bersih dan rapi. Bagi yang aktif sebaiknya memilih bahan pakaian yang tidak mudah kusut. Gunakan ikat pinggang atau sabuk yang berwarna netral. Gunakan asesoris seperti dasi, scarf, bros sewajarnya dan tidak terlalu menyolok, ketentuan umum adalah tidak lebih dari tiga titik penampilan aksesoris. Penggunaan parfum disarankan yang tidak terlalu tajam baunya.
  5. Pilihlah alas kaki sesuai dengan aktivitas dan profesi. Penggunaan sandal mengurangi tampilan profesional. Bagi wanita, pilihlah sepatu yang terasa nyaman tanpa harus “menyiksa” diri. Pastikan sepatu bersih dan terawat. Jangan kenakan kaos kaki atau stocking berlubang.
  6. Rapikan kumis dan jenggot bagi pria.
  7. Tampillah sebagai diri sendiri tanpa harus memaksakan penampilan. Yang penting nyaman dan be yourself.

 

So, mulailah melihat diri sendiri hari ini, bercerminlah sebelum meninggalkan rumah dan pastikan penampilan hari ini adalah yang terbaik, dan lakukanlah setiap hari seperti ini. Percaya deh self-esteem bakalan meningkat. Good luck! 🙂 🙂 🙂

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s