Berkibarlah Benderaku

bendera-indonesia1

Sudah bulan Agustus, bulan perayaan kemerdekaan RI tercinta. Pagi tadi berangkat dari rumah menuju Stasiun Pondok Ranji melewati suatu perumahan di seputaran Jalan Ceger Raya, saya bisa menghitung berapa rumah yang sudah mengibarkan bendera di halaman masing-masing…hmm nggak banyak. Memang jalan raya gang penuh dengan umbul-umbul warna warni, tapi itu kan inventaris RT, pasti pengurus warga yang memasangnya.

Yah beginilah masyarakat kota, terlalu sibuk dengan rutinitas keseharian sampai lupa kalau tanggal 17 Agustus sudah tinggal menghitung hari. Emang salah ya nggak mengibarkan bendera? Hmm…sebagai WNI yang baik tentunya cinta tanah air dan bangsa dong….nggak usahlah maju perang atau bela negara macam jaman sebelum 1945, atau harus mengharumkan nama negara dengan prestasi level internasional…cukup kibarkan bendera kita di hari ulang tahun RI. As simple as that.

Saya suka bilang ‘preeet’ jika orang berwacana mau menjadi Nusantara Jaya dan sebagainya blaa blaa blaa… Nggak usah jauh-jauh deh dengan kegiatan kibar bendera bin upacara. Ngomongin perbuatan kita saja sebagai WNI yang baik di keseharian kita. Lha kalau kita saja pemalas, suka buang sampah sembarang, telat bayar pajak dsb jangan harap ini negara mau maju. Masyarakatnya memiliki sikap yang jauh dari civilized. Apalagi sedihnya jika melihat masyarakat Indonesia adalah masyarakat beragama, tetapi keseharian tingkah lakunya banyak menyimpang dari norma agama…dan minim aksi untuk meluruskannya. Keteladanan itu penting, maka setiap diri kita tuh patutnya jadi teladan buat lingkungan sekitar kita. Ngga bisa mengharapkan banyak dari ulama, guru, atau pemerintah saja, sebenarnya setiap individu warga negara RI ini bertugas menjadi WNI teladan bagi semua di sekitar kita. Saya membayangkan kalau bisa seperti itu, NKRI akan jadi super power deh….

#lamunan_pagihari#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s