Latepost: Selamat Hari Guru

Ini adalah Notes saya 2 tahun lalu di FB, saya salin lagi di sini, yang di FB saya delete aja.

love1Semalam sibuk dengan Shofi menyiapkan kado untuk 2 gurunya di sekolah, “Besok 25 November Hari Guru, Bu”. Shofi ingin ngasi seuatu yang spesial buat mereka. Tahun kemarin dia membuat surat cinta untuk ibu wali kelas, sekarang dia ingin yang lain. Shofi sudah beli 2 pensil mekanik dan 4 puplen warna-warni, tapi katanya kok kurang spesial. Akhirnya kita putuskan untuk nambahin sebuah puisi buat masing-masing guru. Jadilah 2 puisi unik karangan Shofi, diwarnai di sana-sini, terus dilaminating. “Wow, cantik Dik, hadiahmu pasti paling spesial buat bu Ani dan pak Asep.”

Tiba2 Shofi bilang, “Aku ingin jadi guru saja, pengen kayak ayah sama ibu, bisa pergi kemana-mana, terus kalo Hari Guru dapat kado”. He he he, adik sayang, jadilah guru kalau kamu memang itu hal yang ingin kamu lakukan dan membuatmu bahagia. Ibu senang jadi guru karena itu membuat ibu belajar terus, dan bahagia jika apa yang sudah diajarkan bermanfaat buat orang lain. Tidak perlu ibu dapat kado tiap tahun, karena dengan melihat previous students yang sukses di kariernya, di kehidupannya, they are more than any precious gifts in this world.

Ibu bahagia meski teaching is a difficult job: ibu harus baca PR mereka, ngasih quiz, menyiapkan bahan, meninggalkan anak2 berhari-hari bahkan berminggu2, muridnya ngga nurut dll tapi the promise of betterment of students’ lives membuat keringat yang keluar jadi sepadan . Ibu terus berharap meskipun ibu bukanlah tipe guru dan dosen favorit mereka, someday mereka realize the love I shared for them selflessly every year. Yang jelas, ngajar membuat ibu terus dan terus ikut belajar. Oya dik, ingat cerita ibu ketika ibu di Jepang bersama 2 orang mantan murid, ketemu mantan mahasiswa di Singapur, dll dan mereka bilang, “Hi Ibu…we meet again…” buat ibu sudah luar biasaa senangnya.

 

So, selamat Hari Guru buat semua guru dan dosen di indonesia! pf. 25 November 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s