Perkiraan Tarif Persalinan di RSIA Harapan Kita

RS_HarapanKita

Mau sharing perkiraan tarif persalinan di RS langgananku. Lokasinya Harkit sangat strategis, terletak di wilayah Slipi, Jakarta Barat.Persisnya di Jl. Letjen S. Parman KAv. 87 Slipi – Jakarta Barat. Fasilitas pelayanan di Harkit sangat lengkap, dan RS ini juga jadi rujukan banyak RS swasta terkenal di Jakarta. Yang bikin seneng tentunya tarifnya yang untuk ukuranku wajar dan tidak mahal, mengingat standar pelayanannya juga bagus. Dokter2 di sini adalah dokter kawakan yang berpraktik juga di RS-RS swasta terkenal (mahal) di Jakarta. Coba disimak dan dibandingkan dengan klinik2 ibu-anak yang muahal2 di Jakarta ini:

NO URAIAN                                                        KELAS
     III        II        I      VIP B      VIP A
1 Normal dengan Dokter Rp 3.975.300 Rp 6.673.800 Rp 8.453.550 Rp 11.908.050 Rp15.388.800
2 Normal dengan Tindakan Rp 4.342.800 Rp 7.477.050 Rp 9.493.050 Rp13.063.050 Rp16.701.300
3 SC Tunggal Rp 8.136.603 Rp12.856.928 Rp16.333.830 Rp21.045.642 Rp25.848.239
4 SC Gemeli Rp 9.476.603 Rp15.976.928 Rp21.273.830 Rp26.635.642 Rp32.788.239
5 SC Triplet Rp 9.971.603 Rp16.876.928 Rp22.463.830 Rp28.875.642 Rp35.128.239

Biaya di atas untuk Operasi 5 Hari 4 Malam dan Persalinan Normal 3 Hari 2 Malam. Tapi ingat ya ini merupakan BIAYA PERKIRAAN, bukan PAKET PERSALINAN. Biaya di atas belom termasuk obat dan alat yang dipakai saat operasi persalinan sebesar Rp 3.500.000,-. Ini juga belum termasuk resep obat, infus, transfusi darah, laboratorium, radiologi, dll. Biaya di atas belum termasuk bila ibu/bayi masuk HDU/NICU. Jika tindakan CITO (hari kerja Senin sd Kamis di atas pukul 15.30 WIB, Jumat di atas pukul 16.00 WIB, hari Sabtu & Minggu serta tanggal merah, kondisi kegawatan pada ibu/janin) maka dikenakan 25% Jasa Pelayanan Tindakan Operasi.

Oya tarif ini berlaku tahun 2016 ya…sudah yang terbaru. Saya lahiran anak ke-4 di sini waktu itu tahun 2013 cuma habis 3,5jt saja partus normal dengan bidan saya nginap 4 hari 3 malam. Murah sekali, tapi yang jelas saya milih Harkit karena semua dokter ahli anak ada di sini, jadi kalau ada kenapa2 dengan baby saya langsung cepat ditangani ahlinya. Maklum, parno lahiran di usia 41 tahun, dan saya sudah terlalu sering dengar kasus baby meninggal karena penanganan persalinan yang kurang maksimal di lingkungan sekitar saya, jadi ngga mau kalau lahiran di klinik2 swasta di sekitaran rumah. Lagian, Saya punya dokter kandungan langganan dari hamil anak ke-1 sd anak ke-4 di RS ini, susah ke lain hati😀

Monggo buat yang mau lahiran di Harkit, boleh dicoba he he he. Pengalaman saya melahirkan normal 4x di sana cukup ambil kelas 3 atau 2 aja, kan cuma 3 hari aja di RS selanjutnya bisa pulang. Biar kelas 3  atau 2 tapi tetap pelayanannya standar bagus. Sisa uang persiapan persalinan bisa langsung buat aqiqah anak, lumayan masih sisa banyak.

Cheers!

41 thoughts on “Perkiraan Tarif Persalinan di RSIA Harapan Kita

  1. Udah update lg hrg terbaru estimasi biaya persalinannya? Mohon info dong, krn sy browsing2 biaya persalinan ϑΐ harkit 2013 udah beda jauh dr list diatas :((

  2. Itu sudah yang terbaru, mbak Lina. Kemarin saya lahiran malah kena di bawah list di atas. Saya masuk RS kamis pagi dan pulang minggu sore, persalinan normal dibantu bidan, cuma habis 3,5 jt di kelas II.

  3. saya baru tau ada yg lahiran sm bidan di harkit, soalny slama ini kontrolny selalu ke dr spog, jd maksudny qta milih atau gimana mba?

  4. Saya kontrol dengan dokter spog. Ketika semua normal saja, saya minta lahiran dibantu bidan saja karena dokterku kan cowok. RS akan mengontak dokter minta acc dia. Saya anak 1, 2, dan ke-4 semua bidan Harkit, hanya yg no.3 dibantu dokterku coz tangannya terlilit plasenta, tp masih bisa lahir normal. Sy suka di Harkit krn dokternya ngga gampang mutusin caesar.

  5. saya dengar bersalin di harkit malamnya tdk bisa ditungguin oleh keluarga ya mba ? soalnya ada tmn yg pernah bersalin disana, malam hari tidak boleh di tungguin oleh keluarganya…

    • Saya malah ditungguin suami pas melahirkan anak2 saya mbak. Tapi memang kalo sudah di ruang pemulihan/perawatan, suami hanya bisa nengokin di pagi hari sama jam besuk siang dan sore. Kalau di kelas VVIP tidak ada batasan jam berkunjung.

  6. Ibu..diharkit kan ada 2 klinik kebidanan (anyelir dan satu lagi saya lupa namanya)..apakah di klinik anyelir, juga bisa minta melahirkan normal dengan bidan? Kalau bisa, apakah perlu bertanya kepada dokternya sebelum persalinan atau pas persalinan saja? terima kasih sebelumnya yaa

    • Saya anak 1 dan 2 lahiran di klinik anyelir dengan bidan. Biasanya bidan di sana sudah kontak dokter kita untuk memastikan jika kehamilan bisa normal.

  7. mba efi..
    boleh tau informasi lainnya ga? semisal apa bisa room-in ibu dan bayi, terus bagaimana penggunaan askes serta, waktu itu sempat telpon ke RS nya rada bingung yang katanya harus naik kelas kalau mau pake askes itu gmn ya? sepertinya saya prefer kamar yang bisa ditunggui keluarga..

    • Harkit selalu room-in dengan bayi kita mbak, dari anak pertama sd keempat saya spt itu. Kalau anak 1 dan 2 dulu saya pakai askes dan pakai kelas 3 saja. Cukup bawa rujukan dari Puskesmas kita, itu bisa disiapin di minggu2 akhir jelang persalinan. Nah pas anak ke-4 kemarin saya ngga bs pake askes dan tadinya minta di kelas 3, setelah bersalin n masih di ruang pemulihan sy bilang ke suster mau pindah ke kelas 2, terus dia langsung siapin berkas2nya sendiri, kita cuma tanda tangan aja, ngga ribet kok. KLu kMr yg bia ditunggui keluarga cuma kamar VIP, di kelas 1 pun keluArga kena jam besuk.

  8. Oya maaf saya baru dapat artinya IMD itu inisiasi menyusui dini toh….he he he dulu sih nggak ada nama2 begitu. Saya masih ingat sekali di tahun 2001 ketika melahirkan anak pertama di sana, saya sempat kaget kok beberapa jam setelah saya di ruang perawatan dikirimi box bayi yang isinya baby saya. Quite amazed ternyata saya disatukan dengan bayi di hari yang sama saya melahirkan, supaya saya segera belajar menyusui. Saya sempat frustasi kok bayi saya nggak bisa2 dan merasa ASI saya nggak ada. Setelah diajari suster di sana, akhirnya saya bisa memberi ASI. Saya senang sekali perawat di sana cukup telaten, mereka juga yang memandikan baby sampai hari pulang, karena saya nggak bisa2. Jadi buat saya melahirkan di Harkit itu nyaman buat mereka yang even belum pernah pengalaman punya baby sebelumnya.

  9. Hi, mba Efi.
    Mau nanya juga dunk.
    Sy br nanya perkiraan biaya di Harapan Kita, masih sama dengan yg mba share diatas. Cuma tadi lupa nanya, harga diatas berarti ditambah (3,2 jt) biaya obat n alat waktu persalinan ya. Persalinan normal ataupun CITO, tambahan biaya obat n alat nya sama ya, mba ?

    • Hallo Erlin. Kayaknya perkiraan biaya itu sudah sama obat dan alat kok. Biaya yang saya keluarin kemarin malah lebih sedikit dari perkiraan RS nya.

  10. Terima kasih bu sharing infonya, meski tahun 2013 tapi lumayan deh buat pertimbangan hehe. Aku skrg msh bulan ke-4, rencana lahiran di RS bersalin swasta di JakSel tapi berhubung pernah ada riwayat MVP di jntung dokternya menyarankan utk pindah RS yg ada dokter spesialis jntgnya. Pertimbangannya adl RSAB HarKit jauh dr rumah hehe. Tapi thanks ya😀

    • Rumah saya di Pd Aren juga jauh dari Harkit, jadi dari kehamilan muda sampai 8 bulan saya kontrol di Bintaro aja. Pas Sudah kontrol dua mingguan baru pindah ke RS Harkit. Mungkin saran saya coba saja sesekali kontrol di sana, supaya sudah punya nomor medical record, just in case of emergency kita harus dirujuk ke sana. Banyak juga kok pasien yang nggak lahiran di situ meski kontrolnya di sana, ketika mereka tahu bahwa kehamilannya ok dan bisa lahiran normal di mana saja. Saya sih mending punya beberapa rencana tempat untuk melahirkan, karena saya sudah banyak melihat beberapa kasus di sekitar saya yang sebenarnya sih ngga gawat amat jika ditangani di Harkit tp karena terlambat ditangani atau fasilitasnya nggak lengkap jadinya malah menyesal di belakang hari. Just saran aja mbak.

      • Iya, tahun lalu juga terakhir kontrol di RS jntung HarKit MVP saya sdh dinyatakan clear dan aman utk hamil. Tapi ternyata dokter Spog dekat rumah tdk menyarankan utk saya lahiran di RS bersalin itu. Jadi dari skrg mulai cari2 alternatif dan second opinion. Makasi sarannya ya bu.

  11. Makasih banyak info dan sarannya yah Mba Evi, jadi semangat mau buru2 pindah control n lahiran di RS Harkit.
    walaupun jaraknya ga terlalu deket dri rumahku, tapi better deh dari pada RS S*l*am yg harganya selangit utk normal aja VIP 21 jt.
    Semoga di thn 2014 harga masih ga jauh beda dgn harga 2013. Btw mba, boleh rekomen ga Dr SPog yg bagus di Rs Harkit? soalnya ak masih bingung pengennya dokter cewe sih biar lebih enak aja…
    Thank you

  12. Mbak Ningsih, maaf saya belom tau kalau yang BPJS gimana di Harkit. Banyak orang bilang sekarang pakai BPJS sudah ribet makin banyak pulak yang nggak dicover seperti waktu pakai Askes, kayak teman kantor saya yang rutin pakai Askes tiap minggu buat berobat suaminya sekarang dengan BPJS malah makin nambah pengeluarannya.
    Mbak Liyangel, saya dulu pernah dengan Dr. Karmini, agak pelit bicaranya tapi bertangan dingin bisa mbenerin posisi bayi sy yang agak turun waktu halim masih 6 bulanan (anak pertama). Setelah dia saya dengan dokter FB Soetikno soalnya dia sangat teliti n detail, pernah sekali dengan Dr. Ontowiryo buat nggantiin dokter Soetikno pas lg ke USA. Kalo pasien lain pada suka Dr. Sadina yg dokter wanita. Saya sih suka dokter tua karena pengalaman menolong persalinannya pasti banyak.

  13. Ass. Mba, salam kenal nama saya Nurseha, klo pakai Askes n kelas 2 kira2 kena biaya berapan klo boleh sharing juga dokter spesialis kandungan di harkit yang enak n asyik siapa?????

    • Salam kenal juga mbak Nur. Kalau perkiraan biaya ya lihat di tabel aja mbak, kan kasus melahirkan beda2. Saya kemarin kelas 2 krn persalinan normal cuma habis 3,5 juta saja. Coba telp2 aja ke 021 5668284, kalo Poli Anyelir di ext 1126, kalo Tata Rekening di ext 1137, biar dengar lsg dr orang rumah sakitnya. KALo pilihan dokter sih relatif ya, kan preferensi juga. Tapi kemarin yg saya pantau (ceilaa..) yang favorit kayanya dokter Sadina deh. Beliau selalu mulai dari pagi, kayaknya pasiennya paling banyak pulak. Tapi pd dasarnya dokter2 Harkit baik n kawakan semua.

    • OK mbak Tika. Ruang Cempaka (kelas 3) sekamar 4 pasien, Ruang Menur (kelas 2) buat 3 pasien, Kenanga (kelas 1) isi 2 pasien. Kalau mau sendirian ambil kamar Mawar (VIP B) atau Melati (VIP A). Saya lebih suka ruang Cempaka kelas 3 deh kalau lahiran normal, teman2 sekamar2 rata2 persalinan yg lancar2 aja. Kemarin dirawat di Menur, hadeeh sekamar dengan pasien yg kasusnya macam2 yg bikin sy ngeri, tp jd bersyukur jg krn sy jd merasa deritaku ngga ada apa2 dgn mereka yg bermasalah itu.Ruang VIP, tentunya biayanya nggak sedikit.

  14. Hii.. mba evi

    Wahh .. saya terbantu sekali ni dgn bloknya mba evi dan bunda2 yg share di atas,,,🙂
    rencana saya juga mau lahiran di sana mba, karena kebetulan rumah di daerah tj. duren
    perkiraan awal bulan depan hplnya tgl 10-10-14,, (mohon doanya ya bunda2)
    sblmnya saya sll chekup di bidan dkat rumah,,tapi peralatan melahirkan tdk trllu lengkap.
    menginjak uk 8bln saya chek up dgn dokter hasnah siregar spog,, menurut mba evi yg sudah berpengalaman melahirkan di sana bagaimana testimoni ttg dktr hasnah ?? terus kalau mau melahirkan dgn bidan prosedurnya bagaimana ?? …
    maaf ya mba evi banyak tanya ,, maklum ank pertama jdi blm berpengalaman..
    terima kasih sebelumnya mba evi🙂

    • Hi Mrs. Suleha Prabowo. Dr. Hasnah juga dokter kawakan di sana, saya pernah sekali diperiksa beliau. Telaten sih tapi agak galak ha ha ha…makanya saya nggak nerus pake beliau. Sebenarnya cocok nggaknya sama dokter tgt pasien juga yg mengalami sendiri, krn sy tahu ada keluarga yg turun menurun pake beliau (dari mama sd anak ditangani dr Hasnah), ada jg yg sampe anak 5 jg msh dgn dokter Hasnah. Kalu mw lahiran pakai bidan saya bilang ke dokternya jika persalinan ok dan bisa normal sy akan pakai bidan, ntar lihat aja reaksi dokternya, kecewa or gmn gt he he he…kalo dr Soetikno dlu sih ok katanya ,mungkin dia tau diri lah sy lbh prefer ditangani perempuan drpd sm dokter laki. Anyway, biarpun pakai dokter, tarif di Harkit masih tergolong murah menurut sy. Take care, jeng, smoga lahirannya lancar n sukses.

    • Wa’alaykum salaam.
      Beda dikit di fasilitas aja. VIP A dapat Tempat Tidur Pasien / Electric bed, Sofa Bed, Kursi Tamu / Sofa set, Meja Rias, LCD TV 32 ” , Telepon Langsung (LOKAL), Bedside Locker + Over bed Table, AC Central + Split, Kamar Mandi , Kamar Bayi, Dispenser, Lemari Es, Lemari Pakaian (Build in). VIP A ini mebelnya lebih baru modelnya drpd VIP B. Oya, VIP B dapat 1 Tempat Tidur Pasien, Sofa Bed, Kursi Tamu, Meja Rias, TV, Telepon (melalui sentral telepon), Bedside Locker + Over bed Table, AC Setral + Split, Kamar Mandi, Bebas Berkunjung, Kamar Bayi, Lemari Es, Lemari Pakaian (Build in). Lebih lengkap n bagus ya lebih mahal, tp sy sudah nggak update tarifnya. Mungkin lsg tanya aja di harkit biar lebih jelas.

  15. Assalammualaikum mba Efi, makasih banyak ya blognya bantu aku yg lg galau mau nentuin lahiran di kelas 2 atau di VIP, karena sebelumnya anak pertama saya ditangani sama Dr. Erdwin Rakun pada tahun 2010 dan aku masuk ke ruang penginapan kelas 2, waktu itu habis sekitar 5 jt an, nomal + induksi, induksi itu termasuk tindakan gak sih? nah karena aku tahu waktu itu suami gak boleh nemenin di kamar (ikut jam besuk pengunjung), sekarang aku bingung gimana supaya anakku yg pertama bisa ikut nginap di kamar jadi harus cari cari harga kamar VIP di Harkit, atau kalo aku tinggal di rumah aja ya? bingung alasannya apa? yang jelas kalo dia ikut abi nya ke RS + Jam besuk, nanti pas jam besuk abis pasti nangis gak mau pulang. mohon masukannya?
    Terima kasih

    • Wa’alaikum salaam mba Ninit. Coba telp2 aja ke 021 5668284, kalo Poli Anyelir di ext 1126, kalo Tata Rekening di ext 1137, biar dengar lsg dr orang rumah sakitnya. Saya sudah setahun ini ngga ke Harkit, jadi sy kurang update dengan info tarif. Maaf ga bs bantu banyak. Tp memang kalau spy bs ditunggui keluarga ya mending ambil VIP mbak.

  16. Salama kenal efi saya nurhayati .mau tnya dong mba klw lahiran normal pake bidan kls 3 brph yh mba tarif nya aq lahiran sekitar 5 bln sih mba ank pertma dlu Di harkit yg ke 2 mau nya Di harkit LG .mksih mba

  17. Salama kenal mba efi saya nurhayati .mau tnya dong mba klw lahiran normal pake bidan kls 3 brph yh mba tarif nya aq lahiran sekitar 5 bln sih mba ank pertma dlu Di harkit yg ke 2 mau nya Di harkit LG .mksih mba
    tp saya periksanya Di bidan dkt rumh sih gmn tuh mba solusinya

    • Salam kenal mbak Nurhayati. Kalau mau melahirkan di sana bisa aja mbak meskipun nggak periksa di sana, pas hari lahiran langsung ke emergency. Kalo menurut saya lebih bagus jika pernah sekali saja periksa di sana, biar sudah punya status atau medical record di sana. Kan repot kalau misua harus ngurus2 no rekam medik dll pas kita mw lahiran. Biaya saya sudah tidak update lagi, kalo tahun lalu lahiran normal dgn bidan cuman habis dua jutaan gitu. Coba telpon langsung rumah sakitnya aja ya…

  18. Ass. Mbak Efi saya Helfie umur 36 thn , selama ini saya periksa diharkit dng Dokte Sadina ,.saya sih pengenya lahiran normal .tetapi kata teman2…! seusia saya sebaiknya operasi caesar, karena berisiko .benarkah mbak.? mengingat saya wirasasta dan harus biaya sendiri. dan sebenarnya kalau operasi kelas 1 dengan kelas 3 itu yng beda kamar perawatanya saja atau memang cara sewaktu operasi ceasar nya sudah beda perawatan /biayanya sih mbak..
    Maaf ya kepo bangit ,,, maklum galau anak pertama.. Waallaikun salam

    • Wa’alaykum salaam. Mbak Helfie….aduh say kalo yg menganjurkan operasi Caesar itu cuman dokter yaa…jangan ngikutin kata orang2 yg awam sama kondisi kita. Kalau dokter sudah memastikan bahwa kandungan kita baik dan sehat, kenapa kita mau disesar segala. Kata dr Sadina gimana dong? PElayanan tindakan di Harkit semua pakai SOP jd pasti sama, kalau kelas 1, 2, or 3 atau VIP sekalian itu cuma di ruang perawatan saja untuk pemulihan. Tentunya beda kamar nginep beda tarif, tp kalau biaya persalinan sesuai dengan tabel perkiraan dari sana.

  19. Assalammualaikum ..Terima kasih atas saranya mbak Efi..! sejauh ini kandungan saya normal dan perkiraan lahiran awal Feb 14 , kemarin 2 saya belum tanya detail tentang Persalinan takut terlalu dini pertanyaanya.!. Saya dan suami pengennya normal dan dengan dokter Cewek (Dokter Sadina aja maunya..). Doakan saya ya mbak Efi agar kelahiran anak pertama saya ini normal dan lancar .
    Terima kasih Waallaikun salam.

    • Wa’alaikum salaam mbak Helfie. Sebentar lagi sudah mau lahir nih…Take care ya mbak, semoga semuanya lancar dan diberi kemudahan Allah SWT, aamiin.

  20. Assalamualaikum .. mbak Efi..! Alhamdullilah Mbak….bayi saya laki-laki sehat sudah lahir tanggal 2 Februari kemarin, awalaupun akhirnya dengan cesar, seneng banget rasanya …. ! seperti saya memasuki sesuatu hal yang baru..!
    Doakan ya Mbak anak saya kelak menjadi anak yang sholeh , bertakwa pada Allah SWT ,berbakti kepada orang tua.panjang umurnya , banyak rejekinya .amin
    Terima kasih Waallaikun salam.

    • Wa’alaikum salaam mba Helfie. Selamat ya mbak, maaf terlambat reply nih. Debay sudah setahun lebih dong ya…wah lagi lucu2nya tuh. Aamiin…semoga putranya jadi anak yang sholeh , bertakwa pada Allah SWT, berbakti kepada orang tua, panjang umurnya , banyak rejekinya, dan terutama selalu sehat ya dek….🙂

  21. Bunda helfi, salm kenal,,,mau tny ni btw biaya persalinn kmrn brp y?
    Kuperkiraan akhir juli 15 ni, jg dr. Nya siapa ya… mksh sblmx.

Leave a Reply

