Listening to News

 

 

 

 

 

 

Indikator Keberhasilan

Setelah mengikuti KB ini peserta diklat dapat menyimak berita dalam bahasa Inggris dengan baik yang ditandai dengan:

1)    menjelaskan  basic strategies

2)    memahami TV news

3)    memahami radio news

Uraian dan Contoh

1)    Basic Strategies in Listening to News

Hampir setiap hari kita mendengarkan berita. Untuk memperlancar bahasa Inggris kita, maka perlu juga mendengarkan berita dalam bahasa Inggris. Berita bisa kita peroleh dari TV, radio, maupun Internet, namun menggunakan media berita berbahasa Inggris di radio bisa lebih optimal untuk belajar karena lebih mudah diaksesnya. Untuk keberhasilan belajar maka kita harus memilih menggunakan media dari luar negeri agar exposure kita menggunakan native speakers.

Sebelumnya ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang radio dan televisi luar negeri:

Pertama, masalah jadwal penyiaran. Ada baiknya kita mengetahui jadwal siaran berita yang ingin didengarkan. Saat ini setiap stasiun radio dan TV luar negeri seperti VOA, BBC, ABC, memiliki website resmi yang bisa kita unduh jadwal siaran bahasa inggris mereka. Kita juga harus tahu berita apa yang ingin didengarkan: politik, olah raga, seni, budaya, kesehatan atau yang lainnya. Cocokkan dengan menu berita yang dalam versi bahasa indonesia apakah ada pilihan-pilihan beritanya. Yang paling mudah memang berita umum yang disampaikan setiap jam baik dalam versi Indonesia atau versi Inggris. Versi bahasa Indonesia berguna untuk membantu kita jika memiliki kesulitan memahami berita berbahasa Inggris.

Kedua, jika memungkinkan juga lihat penyiar atau host dari berita tersebut. Hal ini bukan prinsip sekali, tetapi terkadang ada beberapa penyiar yang pronunciation -nya lebih susah ditangkap mereka yang baru mulai belajar listening.

Setelah mendapat jadwal siaran, maka kita siap untuk belajar mendengarkan berita. Berikut ini beberapa strategi ketika berlatih:

Pertama, keep on listening. Kita harus membiasakan telinga untuk mendengar pengucapan bahasa inggris, maka tune-in saja pada satu radio atau TV dan  dengarkan saja tanpa berusaha memahaminya… masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Lakukan kegiatan ini sesering mungkin dengan santai, misalnya sambil menyetir, mengetik di kantor, membersihkan rumah, beristirahat, mempersiapkan kelengkapan kerja dan lain sebagainya.

Kedua, ketika situasi mendukung kita perlu serius untuk menangkap arti dari berita tersebut. Luangkan waktu 5-10 menit untuk mendengarkan dengan seksama, dan catat beberapa kata kunci atau kata-kata sulit yang ditemukan. Setelah selesai coba membuka kamus untuk mencari penjelasannya. Selanjutnya cobalah merangkum berita yang baru saja didengar dengar. Membuat catatan akan membantu memperkuat ingatan kita akan apa yang baru didengar.

Ketiga, setelah merangkum berita, ikuti berita versi Indonesia. Ini untuk mengecek apakah rangkuman versi kita hampir sama atau tidak. Mendengarkan versi bahasa Indonesia lebih menjelaskan kita tentang detil yang mungkin tidak tertangkap dalam versi bahasa Inggris. Setelah itu ulangi dengarkan lagi berita bahasa Inggrisnya dengan lebih seksama, catat lagi hal-hal yang mungkin terlewat dalam versi bahasa Inggris.

Kelima, jika siarannya terbatas, maka carilah  situs resmi radio tersebut dan dapatkan ringkasan beritanya di sana. Pelajari bahasanya, kata-kata yang digunakan dan cocokkan dengan hasil mendengarkan yang baru dilakukan.

Keenam, setelah kita paham isi berita, cobalah ceritakan ulang isi berita tersebut kepada orang lain, atau buat rangkuman versi terakhir untuk dibaca orang lain.

Terakhir, lakukan langkah di atas secara berulang-ulang. Jangan lupa untuk mencatat special terms atau istilah-istilah yang khusus dipakai dalam suatu topik berita. Ada satu contoh ketika musim kebakaran hutan di Indonesia beberapa tahun lalu,  sering terdengar kata HOT SPOT. Dalam keseharian kita kenal hot spot sebagai area untuk bebas mengakses internet, tetapi dalam konteks kebakaran  hot spot disebut titik api yang ada di hutan-hutan yang dilihat dari udara. Dengan special terms maka vocabulary kita akan semakin bertambah ketika berlatih listening.

2)     Listening to TV News

Berita dari televisi asing sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan listening kita. Selain menambah wawasan dan pengetahuan, berita televisi bisa menjadi variasi dalam belajar listening yang kebanyakan hanya melalui audio saja. Dengan adanya visualisasi di layar televisi, comprehension akan  lebih meningkat dan biasanya lebih mudah untuk merangkum berita TV daripada berita dari radio.

3)     Listening to Radio News

Mendengarkan berita berbahasa Inggris melalui radio membutuhkan konsentrasi yang besar, karena fokus kita hanya pada audio saja tanpa ada visualisasi yang membantu untuk menangkap isi berita. Oleh karena itu, untuk pemula sebaiknya memilih penyiar radio yang lebih lambat tempo bicaranya serta lebih jelas pronunciation-nya untuk ditangkap. Saat ini radio nasional kita banyak yang menggunakan English news service, seperti Voice of Indonesia (VOI/RRI), Trijaya FM, Smart FM, Hard Rock FM, dan lain sebagainya. Radio nasional bisa dipakai sebagai latihan awal, selanjutnya kita tetap harus mencoba siaran bahasa Inggris dari radio luar negeri seperti BBC, Radio Netherland, VOA, ABC, dan lainnya.

Berikut ini adalah contoh  news script dari  radio Voice of Indonesia.  (Ketika mendengarkan berita dari VOI kita bisa mencocokannya dengan berita dari The Jakarta Post, karena sebagian besar berita aktual mereka mengadopsi dari koran tersebut).

Europe E.coli Outbreak Caused by Toxic New StrainHong Kong/Moscow – A deadly outbreak of E.coli centred in Germany and spreading across Europe is caused by a dangerous new strain, Chinese scientists who analyzed the bacteria said. The scientists said the outbreak, which has killed 17 and made more than 1,500 others ill in at least 10 European countries and is thought to come from vegetables, carried genes making it resistant to several classes of antibiotics. “This E. coli is a new strain of bacteria that is highly infectious and toxic,” said the scientists at the Beijing Genomics Institute in Shenzhen city in southern China who are collaborating with colleagues in Germany.
World Health Organization spokesperson Aphaluck Bhatiasevi said the WHO was waiting for more information from laboratories. “This strain has never been seen in an outbreak situation before,” he said.
In a worsening trade row prompted by the outbreak, Russia banned imports of all raw vegetables from the European Union, prompting an immediate protest by the European commission.
Moscow had already banned imports of vegetables from Germany and Spain over the outbreak, which German officials originally blamed on contaminated cucumbers imported from Spain before backtracking and apologizing to Madrid.
Gennady Onishchenko, head of the Russian consumer protection agency Rospotrebnadzor, said the deaths caused by the outbreak “demonstrate that the much-praised European sanitary legislation, which Russia is being urged to adopt, does not work,” Interfax News agency reported.
The new ban would take effect on Thursday morning, he said. The European Commission said it would write to Moscow within hours to say the move was disproportionate.Reuters/VOI

Latihan

1. Bukalah webpage http://www.englishclub.com/listening/radio.htm dan bukalah Listening to News. Pilihlah berita terbaru dan kerjakan latihannya.

2. Bukalah webpage http://learningenglish.voanews.com/. Carilah Articles with Activities for English Beginner dan kerjakan Test your English Comprehension.

3. Bukalah webpage http://www.bbc.co.uk/worldserviceradio dan carilah berita pada Most Listened To. Pilihlah satu berita yang Anda sukai dan buatlah summary of the news.

Rangkuman

Mendengarkan berita berbahasa Inggris merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan listening kita. Berita dapat diperoleh dari televisi, radio, maupun Internet. Seseorang bisa dikatakan memahami berita jika dia bisa merangkum isi berita serta menceritakannya kembali kepada orang lain. Agar kemampuan listening makin terasah, ikuti berita dari sumber-sumber luar negeri seperti BBC, VOA, Radio Netherland, dan lain sebagainya.

One thought on “Listening to News

  1. Pingback: Contoh Script Penyiaran Radio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s