What Makes Good Music?

Buat My Favorite Band yang Lagi Ultah

Apa musik favorit kalian? Ada yang bilang soal musik itu soal selera, jadi memang taste di musik berbeda-beda tiap orang. Ada yang suka karena lagi ngetrend, karena liriknya ok, karena penyanyi atau band-nya cakep, karena asik buat goyang kaki dan jingkrak2 dan masih berjuta beda alasan lainnya. Buat saya, good music nggak harus mengikuti jaman, yang sekarang ini lagi in… K-Pop, it’s not good music to me. Apalagi techno music, I hate it. Saya bukan pemusik, hanya pecinta saja, tapi saya punya kriteria sendiri buat good music:

1. good tune

Kalau nadanya terlalu aneh juga nggak enak di telinga, tapi kalau terlalu datar-datar saja ya kurang nyeni. Harus ada harmoni dari notasi nada, harmony of sounds, yand sesuai dengan jenis lagunya.

2. good rhythm

Rasanya seperti magic mendengarkan semua instrumen musik coming together in synchronization. Namanya juga musik, an artful combination of sounds, maka rhythm is everything. Rythm yang bagus itu an aesthetic construction, makanya paling penting buat good music.

3. expression

Musik dan lagu harus bisa mengekspresikan sesuatu, misalnya kesedihan, kegembiraan, kemarahan, semangat, dan lain-lain. Bahasa kerennya pouring your heart and soul into your music sehingga kita bisa berimajinasi bersama musik, letting it take you to a journey.

4. good lyrics

Buat saya lirik yang bagus untuk sing along juga mendukung buat good music. Lirik bagus nggak selalu harus yang puitis, tapi harus yang mengena sesuai dengan tema lagunya.

Saya punya banyak group favorit, nah yang kebetulan yang mau ultah adalah band NAIF (jreeeng….gubraks!). Ha ha, temen anakku sampai bilang, “Tante2 kok suka Naif”….

Penampilan awal, norak abiz ha ha

Tanggal 22 Oktober kalau nggak salah adalah ultahnya, jadi tinggal beberapa hari lagi. Saya pertama kali dengar lagu pertama nya Mobil Balap pas sudah lulus kuliah n kerja, 1996 kalau tidak salah. Waktu itu kakakku sempat ngetawain, video klip nya aneh (nonton di RCTI), tapi aku ngotot musiknya unik kayak asli lagu tahun 70-an. Yang norak abiz dan retro-like gitu yang saya demen. Nah pas sudah kerja di STAN thn 1999, dengar lagunya lagi dari komputer teman, langsung deh saya copy semua mp3-nya ha ha, gratisan. Pas saya dengarkan semua lagunya, langsung saya proklamasikan bahwa inilah satu-satunya band nasional yang say suka. Dulu sempat suka sama Krakatau, tapi pas dengar album2 berikutnya sudah nggak punya taste lagi sama mereka. Beda dengan Naif, di setiap albumnya, selalu ada lagu2 yang jadi my favorite tune.

Terus terang saya suka bukan karena tampang para personilnya, tapi lebih pada skill setiap personil. Semua personilnya bisa nyanyi, tp memang yang paling keren vokalnya tentu si David, meski kalau nyanyi suka bergaya konyol, tapi so entertaining. Emil main keybord dan bass-nya mantaps, Jarwo gitarnya yahud, dan Pepeng kreatif sekali di perkusinya.

Lagu2 Naif sudah jadi background music saya kalau lagi ngetik atau ngerjain tugas kantor  sampai sekarang  (12 tahun nih). Anak2ku tumbuh besar dengan lagu Naif (biar seleranya sama dengan emaknya :D), soalnya kalau weekend saya putarin dari PC, (kan nggak punya TV).

I only listen to good music. Jadi Naif saya putar bergantian dengan lagu2 Nirvana, Led Zeppelin, Mr. Big, dan classic rocks lain yang saya punya, yang dimasukin di satu folder “Daily Music”. Saya nggak tau video-klip mereka, so purely relying on the music. Mau tahu lagu2 Naif yang wajib saya putar selain Mobil Balap: Lagu Wanita, Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia yang Ada Di Seluruh Dunia, Hidup itu Indah, Senang Bersamamu, Janji Setia, Curi-Curi Pandang, Di Mana Aku di Sini, Air dan Api, Piknik 72, Karena Kamu Cuma Satu, Aku Rela, Hai Monas, Uang, dan Apa Adanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s