Paris Tenan

Kenapa saya kasih judul Paris Tenan? Soalnya ini cerita impian yang jadi tenanan (kenyataan).

Saya ngga punya visa Schengen (nggak sempat ngurus karena sudah mepet dengan jadwal berangkat ke Belanda), tapi ngidam banget ingin ke sana. Sewaktu kunjungan ke Kedutaan RI di Den Haag, saya nanya langsung ke Pak Dubes apa dimungkinkan kita ke ke Perancis, Inggris, atau Jerman hanya dengan membawa paspor biru kita saja. Jawaban beliau tegas2 TIDAK, tanpa visa Schengen jangan coba-coba deh, ngrepotin Kedutaan juga kalau ketangkap petugas imigrasi sana. Alamaak, sudah nambah sangu 800 Euro buat keliling Eropa, terganjal visa entu, masak duitku harus mubazir sih? Tapi berhubung saya orang nekat, ditambah juga ada seorang teman cewek yang stengah gila (ha ha sorry Thenk) tapi punya teman yang domisili di Paris dan satu cowok nekat pula (pernah punya pengalaman ketangkep petugas imigrasi Korea krn ngga punya visa, ngandalin visa Japanese student he he), so nekatlah kita bertiga di Sabtu subuh buta menuju Paris naik kereta dulu dari Schipol ke Brussel lalu ganti Thalys menuju Paris. Deg2an campur seneng ketika bisa menginjakkan kaki di stasiun Gare du Nord di Paris, habis di mana2 ada polisi  dan PM sliweran, tetapi berhubung kita pasang gaya cuek dan tidak mencurigakan, selamatlah kita keluar dari stasiun. Horeee!!!

Efi n Thalys

Waktu kita tidak banyak, tapi setidaknya kita bisa ke Eifel Tower, Notre Dame de Paris, Arc de Triomphe, Champs Elysees, Jardins de Luxembourg, Louvre museum meskipun cuma sebentar.

Eloknya jalan2 di Paris. Mana orang2nya cakep2, ngga ada yang jelek. Cuman ngga tahu ya, banyak banget PDA di sini (public  display of  affection alias orang pamer pacaran di mana2 ngga kenal umur. Yang tua2 juga masih romantis dengan pasangannya, agak susah ngambil foto di area publik coz pasti deh ada yg lagi ciuman ikut kejepret (jijay!!). Pas lihat2 hasil memoto, ada sekita 25an gambar mesti kita umpetin, lha wong kita nggak sengaja motoin mereka kok, wkkk. Oya, kita jadi terbawa ritme orang Paris, banyak jalan kaki, sampai kadang2 spatu boots dilepas dan nyeker sepanjang jalan. Btw, kalo jalan kaki harap hati2, di Paris meskipun katanya kota mode sedunia dan tempat orang berselera tinggi, ternyata jalanannya nggak elit alias banyak ranjau darat, tahi anjing dimana-mana. Sueer bau banget, katanya sih Paris tempat para penyayang binatang, jadi kalo doggy mau pis dan pup dibiarin aja di jalanan, nanti jg ada petugas kebersihan yang khusus membersihkan tai2 itu (sorry nih ngomong kotor deh). Lain banget pas saya ke Jepang, cewek2 cantik bertas Channel, Gucci, Hermes, LV yang gendong2 anjing itu ternyata menyimpan e-ok piaraannya dalam tas mereka jika mereka berhajat di jalan. Betapa mahalnya wadah eok doggy di Jepun😀

Paris is LV

Kita juga menyusuri Champs-Élysées   yang katanya adalah jalanan terindah di dunia (menurutku sih nggak indah2 amat, tapi setuju kalau disebut jalanan termahal di dunia, coz butik2, cafe2 dan resto2 termahal ada di sini.) Jalanannya sih elegan, lebar dan nyaman buat pejalan kaki, dengan pohon2 chesnut berjejeran.  Kita bisa jalan dari Place de la Concorde  ke Arc de Triomphe. Yang unik waktu liat antrian untuk beli di Louis Vuitton House, pelanggan baru bisa masuk ke toko jika pelanggan di dalam (dibatasi beberapa orang saja) sudah keluar, security guard nya necis tapi sangar2 deh.

Malamnya kita menginap di rumah Teh Rini di Croissy-sur-Seine, rumahnya besar , kamarnya banyak , ada 3 anjing lagi (lucu2 sih tp hi hi gelii). Yang bikin endah itu suaminya, Devan, a Malaysian engineer, jago banget masak. Pas kita dah rapi n wangi sehabis mandi n sholat, dipanggil mereka dinner di kebun, BBQ lamb n chicken plus nasi dan sambal dabu2, sedaapnya hidup. Kata Devan dia juga mw celebrate anniversary  mereka, makanya mereka juga undang a Singaporean couple untuk dinner bersama. Indahnya dinner di Paris, menikmati angin dingin tepian sungai Seine, it’s the night I won’t forget for the rest of my life, thanks Devan n Teh Rini.

Seine River

Pagi harinya masih dimanjakan dengan nasi goreng bikinan kang Devan, sadaap abiz.

Sehabis sarapan kita bergegas menuju istana Versailles sebelum balik ke stasiun untuk pulang ke Amsterdam.

Istana lagi renovasi, tapi nggak mengurangi jumlah turis yang berkunjung. Gara2 agak kelamaan fota-foto di depan istana Versailles, jadinya kita kebat-kebit nguber kereta  ke Gare du Nord. Tiket Thalys pulang kita itu tiket promo, kalo kita nggak nongol on time, wassalam hangus uang kita. Terjadilah kejar2an mirip banget adegan di Bourne Trilogy itu, ngga sempet mandek buat tarik napas. Kita bertiga lari sekitar 8 menitan, temen yang cowok  duluan karena kelamaan nungguin kita. Pas kita nyampai di platform Thalys yang ke Amsterdam, kita langsung aja masuk di sembarang gerbong, yang penting masuk KA dulu. Sambil masih setengah lari kita menuju gerbong kita yang ngga taunya masih jauh di ujung depan, pas nemu seat kita tiba2 terdengar “Priiit!” dan KA bergerak. Nyariiis…kita langsung duduk sembari napas sengal2 dan ngik2 persis orang asma, sampe2 mau ngomong saja nggak bisa coz napas dah hampir putus ha ha…jadi tontonan bule2 di sekitar kita: berdua kok aneh kaya copet mau ketangkep wkkk.

All in all, capek, pegel dan njarem kita terbayar dengan pengalaman indah di Paris. Ngga rugi ngerogoh kocek sendiri buat keluyuran ke sini.

Mimpiku ke Paris dadi kelaksanan tenan.

Paris, I shall be back!

2 thoughts on “Paris Tenan

  1. Mb,tanya yaa..ke parisnya bulan juni ya?itu lg summer? Cuacanya cerah ya?sy ada rencana mau kesana bln juni nanti..tp bingung nyiapin bajunya…hehehe…jangan sampai salah kostum dgn cuacanya…bisa minta tipsnya mb baju yg nyaman dipakai apa ya?jeans ok ga ya?maturnuwun

    • Aduh say, sorry baru balas. Saya jarang buka web saya nih. Ok, Saya ke Bld bulan Mei 2011. Well, beautiful days don’t come often in Netherland, waktu itu saya dikasi tau kalo cuaca bulan itu lagi bagus2nya di Holland. Tapi ngga taunya tetep dingiin untuk ukuran orang Indonesia meskipun ada sunshine. Jadi bawa aja baju casual biasa, tapi sedia jaket juga just in case cuaca agak dingin. Jeans itu seragam wajib buat any traveler ha ha… I can imagine how excited you are to be in Europe, jadi pengen ke sana lagi ^_^..kapan ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s